Home » » 18 Macam Pelanggaran Yang Ada Di Dalam Permainan Bola Basket ~ Drousa: Berbagi Apa Yang Diketahui

18 Macam Pelanggaran Yang Ada Di Dalam Permainan Bola Basket ~ Drousa: Berbagi Apa Yang Diketahui

Posted by CB Blogger

18 Macam Pelanggaran Yang Ada Di Dalam Permainan Bola Basket
Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu, permainan bola basket juga lebih kompetitif karena tempo permainan cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan olahraga bola yang lain, seperti voli dan sepak bola. Di dalam bola basket juga terdapat beberapa pelanggaran, seperti :
  1. Foul                              = Melanggar pemain lawan dengan posisi defence yg salah.
  2. Travelling                    = Pembawaan bola yang tidak di dribble lebih dari 2 langkah.
  3. Jumping                     = Pelanggaran yang terjadi ketika pemain akan melakukan tembakan sekaligus melakukan lompatan, tetapi kemudian tak jadi melakukan tembakannya.
  4. Double Dribble              = dimana saat bola dalam keadaan mati kamu kembali mendrible bola.
  5. Back Ball                         = Pelanggaran karena pemain yang membawa bola kembali ke daerah pertahanan setelah melewati garis tengah.
  6. Pushing                                 = Pelanggaran karena mendorong lawan main.
  7. Blocking Foul                 = Melakukan pelanggaran keras ketika menghalangi pemain lawan.
  8. Technical Foul                 = Pelanggaran yang berhubungan dengan peraturan pertandingan secara teknis. ( Memprotes wasit, bersikap kasar, berkata kotor, melakukan kekerasan pada lawan, dll )
  9. Personal Foul                   = Pelanggaran perorangan max 4 x foul, kalau sudah 5x maka akan dikenai foul out.
  10. Team Foul                    = Pelanggaran dalam satu tim per babaknya, apabila sudah mencapai 5 point maka akan diberikan free throw pada lawan.
  11. Foul out                               = Keadaan dimana seorang pemain telah melakukan 5 kali foul biasa (FIBA), 6 kali foul (NBA), atau telah melakukan technical foul 2 kali dalam 1 kali pertandingan.maka pemain yang terkena foul out harus keluar dari lap pertandingan.
  12. Offensive Foul                      = saat kita menabrak lawan yg dalam posisi hands up atau charge yg benar, saat kita melakukan ilegal pick.
  13. Shot clock violation             = Pelanggaran ketika melakukan serangan lebih dari 24 detik (NBA) atau 30 detik (FIBA) sebelum bola menyentuh ring.
  14. Three Seconds Violation     = Pelanggaran yang diberikan apabila seorang pemain berada di area tembakan bebas ( key area ) selama 3 detik.
  15. Offensive 3 second               = Pelanggaran karena diam di post/area tim lawan selama 3 detik pada saat lawan defense, bola berpindah ke pihak lawan.
  16. Deffensive 3 second              = Pelanggaran karena diam di area tim sendiri selama 3 detik pada saat lawan melakukan offense. Lawan diijinkan melakukan 1 throw-in.
  17. 10-second violation              = Pemain Tim A tidak keluar dari posisi defense selama 10 detik setelah bola dipegang oleh pemain tim A yang lain yang melakukan offense dan sedang berada di area tim B . Bola kemudian beralih ke tim B.
  18. 30-second violation              = Pelanggaran pemain tim A tidak melakukan shoot/lay-up/dunk ke ring lawan melewati batas waktu 30 detik . Bola berpindah ke pihak Tim B.



1 comments:

  1. Hey, try http://clanshelper.com/ - I got free CoC gems here! Get yous too in less than two minutes!! THE ONLY WORKING FREE GEMS GIVEAWAY FOR COC!!(KQuI7DDmMT)

    ReplyDelete

Blogroll

Powered by Blogger.

Blogger templates

Blogger news